Manusia Modern Rentan Terhadap Nomophobia

by on

Apakah kamu termasuk orang yang takut jika tidak menggenggam ponsel sehari saja? Jika iya artinya kamu terkena gejala nomophobia. Apa itu nomophobia, kedengarannya masih asing di telinga? Apabila kamu tahu artinya mungkin akan terkejut. Nomophobia adalah ketakutan yang berlebihan pada seseorang saat tidak menggenggam ponsel. Sehingga bisa dikatakan bahwa manusia modern rentan terhadap nomophobia.

Kok bisa ya? Kelihatannya terlalu berlebihan. Manusia diciptakan untuk bersosialisasi dengan sesama secara langsung bukannya hidup didunia maya yang belum jelas siapa lawan bicaranya.

Manusia modern rentan terhadap nomophobia beda dengan orang jaman dulu. Biasanya gejala nomophobia selalu melakukan beberapa hal berikut.

  • Menangis histeris ketika ponsel hilang. Mungkin banyak file penting di dalamnya.
  • Merasa kebingungan ketika sehari tidak menerima pesan maupun telepon.
  • Cemas ketika baterai habis. Biasanya orang itu melakukan segala cara untik mencharger
  • Sedikit-sedikit melihat kelayar ponsel padahal tidak ada notivikasi pada ponsel.

 

Jika pernah mengalami hal ini berarti kamu mengalami nomophobia.

Perkembangan jaman yang semakin maju dengan mengedepankan teknologi membuat kita bergantung kepada teknologi tersebut. Segala aktivitas kita telah dimudahkan oleh kecanggihan teknologi alhasil manusia modern rentan terhadap nomophobia.

Manusia modern rentan terhadap nomophobia,kita sebagai bagian di dalamnya harusnya dapat mengimbangi kehidupan nyata dan maya. Ponsel bukan segalanya dan itu hanya alat komunikasi yang akan membantu kita semua lebih dekat dengan saudara maupun teman yang jauh.

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.