Sering Cuci Tangan Pakai Antiseptik, Benarkah Bisa Bikin Gampang Sakit?

by on

Cuci tangan adalah kegiatan membasuh kedua tangan menggunakan sabun anti bakteri hingga bersih. Tapi sering cuci tangan pakai antiseptik, benarkah bisa bikin gampang sakit? Ternyata benar, hanya saja masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Mungkin mereka pikir mencuci tangan dengan antiseptik dapat mengilangkan kuman penyebab penyakit secara total dan kebenaran yang terjadi malah sebaliknya. Bagi kamu yang sering menyabun tangan dengan antiseptik akan mudah jatuh sakit.

Sebenarnya sabun antiseptik hanya digunakan di dalam ruang medis. Misalnya sebelum melakukan operasi, semua perawat maupun dokter wajib membasuh tangan dengan sabun tersebut.

Mengapa kita tidak boleh terlalu sering mencuci tangan dengan antiseptik? Karena mengandung triclosan, bahan aktif yang harus kita hindari. Triclosan bersifat sangat kuat sehingga dapat menghilangkan komponen pelembab alami kulit.

Sering cuci tangan pakai antiseptik, pernahkan bisa bikin gampang sakit? Ternata benar adanya. Apalagi antiseptik bukan hanya akan membuat komponen pelembab pada kulit menghilang, tapi juga membuat sistem imun tidak dapat berkembang hingga menjadi lemah dan tidak memiliki pertahanan.

Lantas bagaimana menjaga tangan supaya tetap bersih dari kuman tanpa menggunakan anti septik? Gunakanlah sabun biasa dengan air yang mengalir untuk mencegah datangnya penyakit resistensi antibiotik. Sering cuci tangan pakai antiseptik, pernahkan bisa bikin gampang sakit? Jawabannya adalah, ya benar! Maka dari itu dengan adanya artikel ini semoga dapat mencegah kamu menggunakan sabun antibiotik

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.