Tentang Curhatan Di Sosial Media

by on

Sosial media pada awalnya ditujukan untuk membagikan momen yang terjadi dalam hidup. Namun kini, sosial media semakin beragam fungsinya yang digunakan oleh netizen. Mulai dari online shop, sosial media marketing, edukasi hingga diary terbuka penggunaannya.

Kecenderungan penggunaan sosial media saat ini lebih kepada seseorang yang ingin membagikan setiap aktivitas yang terjadi pada kehidupan nyatanya, bahkan banyak dari pengguna media sosial yang menjadikannya sebagai tempat curhat.

Curhatan yang dibawakanpun beragam macamnya, mulai dari rutinitas kesehariannya, masalah asmara, masalah dalam pekerjaan dan lain sebagainya. Tentunya curhatan yang menarik, maka akan berbalas pada jumlah comment, like, retweet dan love. Hal ini bisa saja positif jika curhatan yang dibagikan memang benar-benar menarik, menginspirasi dan mengedukasi. Namun nyatanya, semakin hari semakin banyak curhatan disosial media yang semakin keblabasan, berlebih-lebihan.

Tentu tidak ada salahnya dengan melakukan sesi curhat pada sosial media, karena dengan begitu bisa saja seseorang mendapatkan dorongan untuk keluar dari masalah dengan adanya comments dan like yang memberikan seruan semangat.

Namun tentunya, seperti yang diungkapkan oleh seorang psikolog Astrid Wen, M. Psi, curhatwn yang berkelanjutan dan menjadi sebuah kebiasaan tanpa disadari justru menambahkan masalah baru.

Pada sosial media, untuk menilai seseorang maka hanya perlu melihat jumlah like, comment dan juga followers. Semakin banyak like, comment dan followers maka tentunya akan semakin menjadi pusat perhatian.

Dengan seringnya curhat pada sosial media, apalagi untuk masalah pribadi dan sensitif bisa jadi ini membuka kemungkinan seseorang untuk melakukan cyber Bullying dan disalahgunakannya hasik curhatan yang dibagikan pada sosial media.

 

‘Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community’.

You may also like

25 Comments
  1. Haeriah 7 bulan ago

    Memang harus bijak, ya, Mba kalau menggunakan sosial media. Banyak banget jenis cyber crime yang mengintai dan siap menerkam kalau kita gak hati-hati.

    Reply
  2. Betty Irwanti Joko 7 bulan ago

    Aman curhat dimana ya? Langsung aja hmhm

    Reply
  3. miftah 7 bulan ago

    dengan mengharapkan jumlah like, love, komen yang banyak orang melakukan sesuatu yang tidak seharusnya,
    setuju sama postingannya mba ^^

    Reply
  4. Risma Mualifa 7 bulan ago

    bener posting apapun di media sosial itu boleh, tapi akan lebih baik kalau bijak

    Reply
  5. sulis ummu omar 7 bulan ago

    bener ni mba, bagaimanapun bersosmed harus ada pengaturan waktnya.

    Reply
  6. Wiwid Nurwidayati 7 bulan ago

    Intinya, kita harus bijak dan pintar menggunakan Medsos agar tetap nyaman dan memberikan efek positif dalam kehidupan kita. Mungkin begitu ya, Mbak

    Reply
  7. Dewi Mae 7 bulan ago

    Setuju banget, bun. Tak baik syurhat manjah di sosmed

    Reply
  8. Sofia Yuliani 7 bulan ago

    Hehe… Saya jg sering curhat di fb mbak. Menyimpan foto dan kenangan. Hihihi…

    Reply
  9. Lia Yuliani 7 bulan ago

    Curhat pada medsos sebenarnya saya hindari karena curhat di medsos bisa membuat orang tahu masalah kita. Mending kalau bisa kasih solusi, kadang malah bikin masalah makin rumit. Terima kasih sharingnya, Mbak.

    Reply
    • Rahmiwati Sandi 7 bulan ago

      Hehehe… kalau curhat di medsos malah dobel jengkel, capek ketiknya, hehehehe

      Reply
  10. Ayu Fitri Septina 7 bulan ago

    Ah betul sekali itu Mbak. Harus bijak menggunakan medsos.

    Reply
  11. Muyassaroh 7 bulan ago

    Katanya, curhat masalah pribadi di media sosial seperti kita keluar rumah tapi dalam keadaan telanjang. Pernah baca kalimat ini dari story seorang teman. Semoga kita bisa bijak menggunakan media sosial, ya, Mbak. kalau digunakan dengan benar memang banyak untungnya, tapi sebaliknya jika salah, bisa menjerumuskan juga.. 🙁

    Reply
  12. miyosi 7 bulan ago

    Ada yg bilang kalau siap curhat y mesti siap dibully wkk

    Reply
  13. Erin Friyana 7 bulan ago

    zamannya SMA nih mba aku suka banget curhat di sosmed terutama FB.

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published.