Berikut Ini Penjelasan Soal Penyadapan Smartphone Dari Nomor *#21#

by on

Hoax sangat mudah tersebar terutamanya dalam ruang obrol grup, kali ini kembali tersebar hoax seputar penyadapan smartphone. Hal ini kembali tersebar melalui broadcast dan juga grup pada aplikasi chatting. Dalam informasi tersebut disebutkan bahwa kita dapat mengecek apakah smartphone kita tengah disadap atau tidak dengan cara menghubungi *#21#.

Dalam pesan tersebut menyebutkan bahwa jika anda sudah menghubungi *#21# kemudian mendapatkan respon dengan tampilan seperti berikut.

Voice                           : Tidak diteruskan
Data                            : Tidak diteruskan
Faks                             : Tidak diteruskan
SMS                            : Tidak diteruskan
Paket                           : Tidak diteruskan
PAD                            : Tidak diteruskan
Sinkron                       : Tidak diteruskan
Tidak Singkron           : Tidak diteruskan

Maka artinya smartphone anda aman dan bebas dari penyadapan, namun apabila ada salah satu opsi yang menampilkan ‘Diteruskan’ maka bisa dipastikan bahwa smartphone anda telah disadap.

Namun ternyata, info yang sebenarnya dari kombinasi kode USSD *#21# merupakan pusat bantuan untuk mengaktifkan call forwarding, jadi apabila anda mengaktifkan call forwarding maka apabila ada suatu panggilan yang masuk ke nomor utama anda dan tidak diangkat, maka panggilan akan dialihkan kenomor anda yang lain.

Fitur call forwarding atau pengalihan panggilan juga bisa aktif walaupun anda tidak pernah mengaktifkannya, ini biasanya adalah fitur bawaan dari nomor yang anda gunakan.

Nah, mulai sekarang jangan mudah percaya pada pesan yang beredar melalui broadcast ya. Karena kebenaran dalam informasi tersebut belum tentu bisa dipertanggungjawabkan.

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.